• Facebook
  • Twitter
  • Google +
  • RSS
  • LinkedIn
  • Youtube
Diposting oleh riemogerz 0 komen

Dulu kurang lebih 13 tahun yang lalu saya merupakan Pramuka Siaga. Ketaika itu banyak kegiatan yang saya ikuti salah satu yang sangat saya ingat adalah Persari (Perkemahan Satu Hari), kegiatan yang lumrah dilakukan oleh Pramuka Siaga.
Kemudian sekitar tahun 2000an saya baru kembali ke Kalimantan Selatan, karena waktu itu kami (saya dan keluarga) tinggal di Yogyakarta. Saya melihat sangat banyak Pramuka Hijau, begitulah nama lain bagi Pramuka Siaga yang sering saya dengar dulu waktu saya masih menjadi Pramuka Siaga. Kami sering disebut Pramuka Hijau.
Saya sedikit heran dengan keadaan di tempat saya terlebih lagi di Kalimantan Selatan. Yang saya lihat sekarang adalah sangat langkanya Pramuka Siaga. Sebenarnya kurang tepat kalau dikatakan langka, karena selama saya di Kalimantan Selatan dan mengikuti berbagai kegiatan saya tidak pernah melihat seorangpun Pramuka Siaga. Nah lo... gimana nih ? Yang jadi pertanyaan terbesar saya sekarang adalah... Apakah Pramuka Siaga sekarang langka ? atau punah ?
Padahal yang saya tahu, Pramuka Siaga merupakan cikal bakal Pramuka dimasa datang... menurut pandangan saya sih...
Ketika seorang baru menjadi anggota Pramuka ketika dia duduk di bangku SMA/SMK/Sederajat (Penegak) akan berbeda dengan seorang yang menjadi anggota Pramuka dari Siaga kemudian Penggalang, Penegak dan terakhir Pandega...
Kembali kepermasalahan... Sekarang siapa yang harus disalahkan ? Jawabannya menurut saya bukan seseorang atau siapapun, melainkan kita semua...
Sekarang kita berkewajiban memperbaiki Pramuka lagi, setidaknya dari diri kita sendiri... Nah... oleh karenanya sekarang saya mempunyai harapan besar terhadap kemajuan Pramuka Siaga...
Saya agak kurang sependapat dengan akan diselenggarakannya Pramuka Prasiaga... Karena Pramuka Siaga saja sekarang yang perlu banyak dibenahi... Baru kita menciptakan Golongan baru lagi sebelum siaga, yakni Pramuka Prasiaga...
Baik, kiranya saya sangat berterimakasih kepada rekan-rekan yang selalu dan ingin menanggapi pendapat saya ini... Kritikan dan saran yang baik selalu saya nanti dan idam-idamkan, demi kemajuan Pramuka kita, Pramuka bersama... Terimakasih...

SALAM PRAMUKA !


Berbagi pada :
Anda sedang membaca Artikel yang berjudul Pramuka : Pramuka Siaga Langka atau Punah dan Anda bisa menemukan Artikel Pramuka : Pramuka Siaga Langka atau Punah ini dengan URL http://riemogerz.blogspot.com/2010/08/pramuka-siaga-langka-atau-punah.html. Seluruh artikel di Riemogerz's Blog : Suka-suka saya...'s Blog memiliki Atribusi-Berbagi Serupa Creative Commons, karenanya Anda diizinkan untuk mengutip atau menyebarkan sebagian atau seluruh isi dari Artikel Pramuka : Pramuka Siaga Langka atau Punah ini selama mencantumkan pranala Pramuka : Pramuka Siaga Langka atau Punah sebagai Sumbernya serta menggunakan atribusi serupa.


Tinggalkan Pesan Anda untuk artikel Pramuka : Pramuka Siaga Langka atau Punah pada Blog Riemogerz's Blog : Suka-suka saya... dibawah ini :

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini.