• Facebook
  • Twitter
  • Google +
  • RSS
  • LinkedIn
  • Youtube
Diposting oleh riemogerz 0 komen

Salam Pramuka

Menurut saya, kadang penulisan nomor surat keluar di kwartir sering mengalami kekeliruan karena tidak berdasar pada keputusan kwartir nasional. Dan tidak jarang banyak yang tidak tahu, termasuk saya sebenarnya. Nah... untuk menampik tanggapan seperti itu, saya harap tulisan saya dibawah ini bisa membantu kakak-kakak agar penulisan nomor surat-surat keluar kwartir lebih baik.
Pada dasarnya penomoran surat keluar kwartir disusun dengan kode, yakni : no urut/no kwartir – kode komisi (bidang). Contohnya : 017/160801 – C. Yang artinya 017 adalah nomor urut surat keluar dalam tahun tersebut; 16 artinya Kode Kwarda Kalimantan Selatan; 08 artinya Kode Kwarcab Hulu Sungai Tengah; 01 artinya Kode Kwarran Barabai; dan C artinya kode komisi/bidang giat operasional.
Adapun contoh penulisan kode komisi/bidang Kwartir Nasional bisa dilihat dibawah ini.


KODE
KOMISI / BIDANG / KELOMPOK
A
Pimpinan, staf dan tata usaha
B
Komisi teknik kepramukaan
C
Komisi giat operasional
D
Komisi keuangan
E
Komisi administrasi
F
Lembaga pendidikan kader
G
Kehumasan
H
Saka bahari
J
Saka bakti husada
K
Saka bhayangkara
L
Saka dirgantara
M
Saka kencana
N
Saka taruna bumi
P
Saka wanabakti
Q
Badan pengelola unit usaha kwartir
R
Unit usaha taman rekreasi pramuka
S
Unit usaha bumi perkemahan
T
Unit usaha kedai pramuka
U
Unit usaha lain (percetakan, koperasi, dll)
V
Yayasan pramuka


Dalam pemberian kode pada surat keluar, ada kalanya beberapa yang kode yang menyesuaikan perubahan komisi yang ada saat ini, seperti yang dilakukan salah satu Kwarda dengan mengeluarkan Surat Keputusan untuk melakukan perubahan seperti :


KODE
KOMISI / BIDANG / KELOMPOK
B
Komisi binawasa
C
Komisi program pendidikan
D
Komisi keuangan
E
Komisi manajemen


Penggunaan Kode dengan Huruf I dan O ditiadakan untuk menghindari kesamaan dalam penulisan dengan angka 1(satu) atau 0 (nol). Jika terjadi penambahan kelompok maka dapat diberi kode huruf berikutnya dan bila telah sampai Z dapat dilanjutkan dengan penulisan kode AA, BB dan seterusnya.
Semoga cara penulisan surat keluar ini bisa membantu kakak-kakak sekalian. Terimakasih.

Salam pramuka

Sumber :
- KepKwarnas No. 044 Tahun 1998


Berbagi pada :
Anda sedang membaca Artikel yang berjudul Materi Pramuka : Teknik Penomoran Surat Keluar Kwartir dan Anda bisa menemukan Artikel Materi Pramuka : Teknik Penomoran Surat Keluar Kwartir ini dengan URL http://riemogerz.blogspot.com/2010/02/salam-pramuka-menurut-saya-kadang.html. Seluruh artikel di Riemogerz's Blog : Suka-suka saya...'s Blog memiliki Atribusi-Berbagi Serupa Creative Commons, karenanya Anda diizinkan untuk mengutip atau menyebarkan sebagian atau seluruh isi dari Artikel Materi Pramuka : Teknik Penomoran Surat Keluar Kwartir ini selama mencantumkan pranala Materi Pramuka : Teknik Penomoran Surat Keluar Kwartir sebagai Sumbernya serta menggunakan atribusi serupa.


Tinggalkan Pesan Anda untuk artikel Materi Pramuka : Teknik Penomoran Surat Keluar Kwartir pada Blog Riemogerz's Blog : Suka-suka saya... dibawah ini :

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini.