• Facebook
  • Twitter
  • Google +
  • RSS
  • LinkedIn
  • Youtube
Diposting oleh riemogerz 0 komen

Salam Pramuka

Untuk kesembilan kalinya Kwartir Nasional menyelenggarakan Raimuna Nasional, suatu kegiatan perkemahan semacam jamboree (penggalang) namun untuk Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega. Acara Raimuna tingkat Nasional terakhir diselenggarakan di Bumi Perkemahan (buper) Pramuka Wiladatika, Cibubur, Jakarta Timur dari tanggal 27 Juni sampai dengan 7 Juli 2008.
Kegiatan tersebut diikuti sekitar 11.000 orang peserta dari seluruh Indonesia. Termasuk perwakilan dari sejumal Gugusdepan yang berpangkalan di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di beberapa Negara di Asia Tenggara. Ditambah lagi hadirnya kontingen dari Persekutuan Pengakap Malaysia, yang menjadikan Rimuna Nasional waktu itu semakin meriah.
Raimuna Nasional IX itu dibuka oleh Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono, selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka dan Pramuka Utama Indonesia. Dalam acara pembukaan, tampil pula tarian Raimuna yang dibawakan oleh para pramuka dari Kwartir Daerah Papua.
Kegiatan Raimuna Nasional memang erat dengan Papua atau yang dulu lebih dikenal dengan nama Irian Jaya. Dari sejarahnya, pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega itu awalnya diberi nama Pertemuan Pramuka Pengak Pandega Puteri Putera (PERPPANITERA). Untuk pertama kalinya, Perppanitera diadakan di Cimanggis, Jawa Barat pada tanggal 21 – 26 Agustus 1969. Dan tiga tahun kemudian, Perppanitera II diadakan di Bedugul, Bali pada tanggal 14-23 Agustus 1972.
Pada saat itu, selain kegiatan Perppanitera untuk Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega juga ada sejumlah kegiatan sejenis lainnya. Maka akhirnya, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka memutuskan untuk menyatukan dalam satu bentuk perkemahan yang diberi nama Raimuna. Kata raimuna sendiri berasal dari bahasa ambai yang digunakan oleh penduduk di yapen timur kab. Yapen waropen prov. Papua. Kata raimuna merupakan gabungan dari dua kata rai dan muna. Rai memiliki arti sekelompok orang atau bisa juga diartikan sekelompok kepala suku, yang berkumpul untuk mencapai tujuan tertentu yang ditetapkan bersama. Sedangkan muna adalah daya kekuatan yang berpengaruh baik dalam mencapai kesuksesan. Secara singkat bisa diartikan, raimuna adalah sekelompok orang yang berkumpul bersama dengan daya kekuatan yang berpengaruh baik untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama.
Maka, meneruskan tradisi Perppanitera, kegiatan selanjutnya diberi nama Raimuna Nasional III dan diselenggarakan di Karangkates, Malang, Jawa Timur pada tanggal 14 – 29 September 1978. Sejak Raimuna Nasional III itulah tarian Raimuna selalu mengiringi bagian pendahuluan upacara pembukaan perkemahan bagi Pramuka Penagak dan Pandega itu. Setelah dari Malang, empat pelaksanaan Raimuna Nasional berikutnya diadakan di Bumi Perkemahan Wiladatika Cibubur, Jakarta. Raimuna Nasional IV diadakan pada tanggal 7 – 14 Agustus 1982, kemudian Raimuna Nasional V diselenggarakan pada tanggal 14 – 21 Desember 1987, Raimuna Nasional VI pada tanggal 3 – 12 Juli 1992 dan Raimuna Nasional VII diadakan pada tanggal 1 – 10 Juli 1997. Raimuna Nasional VIII berpindah tempat di kawasan candi prambanan, DI Yogyakarta pada tanggal 8 – 17 Juli 2003. Setelah dari Yogyakarta, Raimuna Nasional kembali diselenggarakan di Bumi Perkemahan Wiladatika, Cibubur, Jakarta Timur. Acara tersebut bertemakan “membangun kebersamaan dan semangat kebangsaan untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia” itu ditutup oleh Wakil Presiden, M. Jusuf Kalla.

Salam pramuka

Sumber :
- Majalan Pramuka Edisi 001/2008


Berbagi pada :
Anda sedang membaca Artikel yang berjudul Materi Pramuka : Sejarah Singkat Raimuna dalam Gerakan Pramuka dan Anda bisa menemukan Artikel Materi Pramuka : Sejarah Singkat Raimuna dalam Gerakan Pramuka ini dengan URL http://riemogerz.blogspot.com/2010/02/sejarah-singkat-raimuna.html. Seluruh artikel di Riemogerz's Blog : Suka-suka saya...'s Blog memiliki Atribusi-Berbagi Serupa Creative Commons, karenanya Anda diizinkan untuk mengutip atau menyebarkan sebagian atau seluruh isi dari Artikel Materi Pramuka : Sejarah Singkat Raimuna dalam Gerakan Pramuka ini selama mencantumkan pranala Materi Pramuka : Sejarah Singkat Raimuna dalam Gerakan Pramuka sebagai Sumbernya serta menggunakan atribusi serupa.


Tinggalkan Pesan Anda untuk artikel Materi Pramuka : Sejarah Singkat Raimuna dalam Gerakan Pramuka pada Blog Riemogerz's Blog : Suka-suka saya... dibawah ini :

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini.