• Facebook
  • Twitter
  • Google +
  • RSS
  • LinkedIn
  • Youtube
Diposting oleh riemogerz 2 komen

Akhir-akhir ini mungkin adalah titik balik dimana seorang Riemogerz (red, Rizqan), panggilanku di dunia maya, salah satunya di Wikipedia. Kembali aktifnya saya dalam menyunting bahkan menggerakkan BOT (red, Robot) di Wikipedia bahasa Banjar. Dan ketika saya mencoba untuk mengajukan pengusulan BOT di Wikipedia bahasa Aceh, bahasa Indonesia, bahasa Jawa, dan bahasa Banyumasan. Ternyata diterima semua, namun untuk bahasa Aceh perlu dilakukan uji coba dulu selama 2 minggu

terhitung tanggal 24 Mei 2012, kemarin. Baru dapat menjadi bot. Saya punya BOT yang bernama Botrie dan RieBOT. Namun, RieBOT masih belum dapat menjalankan fungsi BOT. Karena sedang fokus untuk mengurusi Botrie dulu ketimbang RieBOT.
Kegemaran saya di bidang IT kadang harus dibayar mahal dengan malasnya untuk kuliah. Hahaha... Seperti orang kebanyakan. Namun saya lebih memilih kuliah, meskipun didalam perkuliahan saya tetap aktif menjalankan fungsi BOT. Wkwkw... kacau.
Sebuah pengalaman yang tidak pernah saya duga sebelumnya, berawal dari keisengan untuk mendaftarkan diri di situs Wikipedia yang kala itu saya buka situs Wikipedia Bahasa Indonesia sekitar tahun 2009-an, tepatnya tanggal 10 November 2009. Nama pengguna saya pertama adalah Rizqan_mogsaw. Namun, karena sesuatu dan lain hal, maka digantilah menjadi nama Riemogerz pada situs Wikipedia bahasa Indonesia. Sayangnya, saya tidak begitu paham dengan pengubahan nama yang ternyata berdampak bahwa akun di situs Wikipedia dalam bahasa lain tidak ikut terganti. Al-hasil, ya terpaksa saya meninggalkan akun saya yang lama.
Ternyata, di Wikipedia mengenal istilah SUL (Single User Login).
SUL atau dalam istilah lain dikenal dengan Login Universal memperkenankan akun login yang sama dipergunakan diseluruh proyek Wikimedia, dengan catatan bahwa akun tersebut belum ada sebelumnya di proyek tersebut.
Karena hal ini, saya kehilangan beberapa akun dulu (Rizqan_mogsaw) di beberapa Wikipedia.
Namun hal itu tidak membuat luntur semangat saya dalam menulis di Wikipedia, ya biarlah hal tersebut pernah terjadi, dan semoga tidak akan terulangi lagi.
Dalam pengalaman saya, saya telah mendapatkan cukup banyak BintangWiki (red, penghargaan) di Wikipedia bahasa Indonesia. Beberapa waktu yang lalu, sekitar tahun 2010 saya menggagas sebuah ide baru untuk membuat sebuah ProyekWiki Pramuka yang kemudian mendapatkan sebuah BintangWiki "Ide Brilian" dari salah satu pengguna Wikipedia. ProyekWiki ini berjalan sebagaimana di Wikipedia bahasa Inggris. Sayangnya minat orang menulis tentang Pramuka di Wikipedia sangat sedikit. Jadi sejauh ini saya hanya mendapatkan kurang dari 10 orang pengguna yang mau bergabung untuk membuat artikel tentang pramuka di Wikipedia bahasa Indonesia, dan terlebih lagi di Wikipedia bahasa Banjar yang satu-satunya pengguna yang ikut dalam ProyekWiki ini adalah saya. Sangat ironi.
BOT yang merupakan singkatan dari kata ROBOT, adalah hal lain di Wikipedia yang saya lirik. Terlebih lagi ketika pengajuan BOT saya yang pertama kali di setujui oleh Steward (setingkat Birokrat di Wikipedia) asal Indonesia, Bennylin. Steward / Birokrat merupakan salah satu pejabat (red, orang yang memiliki kewenangan) di Proyek Wikimedia. Meskipun pada hakikatnya Steward dan Birokrat berbeda, namun pada dasarnya fungsinya hampir sama. Kemudian disusul beberapa hari yang lalu pengajuan BOT saya di Wikipedia bahasa Indonesia di terima, dan disusul pada Wikipedia bahasa Jawa dan bahasa Banyumasan. Terakhir BOT saya menduduki peringkat 141 di Wikipedia bahasa Indonesia (update 24 Mei 2012) dan peringkat 2 di Wikipedia bahasa Banjar (update 23 Mei 2012). Pada bahasa Jawa dan Banyumasan belum ada pemberitahuan, jadi belum tau peringkat berapa. Hehehe...
Sejauh ini BOT saya dapat bekerja dengan fungsi replace (bahasa Indonesia dan bahasa Banjar), cosmetic change (bahasa Indonesia, bahasa Banjar dan bahasa Jawa), interwiki (bahasa Indonesia, bahasa Banjar, bahasa Jawa dan bahasa Banyumasan). Kedepan masih belajar menjalankan fungsi Arsipbot dan Welcome yang belum kunjung paham. Hahaha.... kasian...
Oh iya, replace itu adalah BOT yang memiliki fungsi mengganti kata tidak baku menjadi baku. Misal mengganti kata : diantara menjadi di antara, dan sebagainya. Sedangkan cosmetic change merupakan BOT dengan fungsi menyesuaikan Pedoman gaya di Wikipedia atau dengan kata lain memperbaiki istilah pemrograman bahasa Wiki di Wikipedia secara otomatis. Dan Interwiki adalah BOT yang menjalankan fungsi memberi pranala terhadap artikel yang bersangkutan dalam bahasa lain. Semisal artikel Indonesia di Wikipedia bahasa Indonesia yang interwikinya memuat artikel Indonesia di Wikipedia bahasa Inggris, dan Wikipedia bahasa lainnya.
Fungsi Arsipbot adalah fungsi yang dapat menjalankan Pengarsipan secara otomatis, dan fungsi Welcome adalah fungsi yang bisa memberikan ucapan selamat datang kepada pengguna Wikipedia yang baru bergabung di Wikipedia. Dan masih banyak lagi fungsi lainnya yang masih belum saya mengerti.
Gila....Gila... Banyak banget ya... Wkwkwk... Ini sebuah hal yang mengasyikkan bagi saya, ya... Setidaknya ini bagi saya. Ketimbang saya harus MABUK-MABUKAN nggak jelas, NGEDRUG ngabisi duit orang tua, JUDI, SHOPING (mending bayar kost), dan banyak hal lain yang tahu ah gelap :P Hahaha....

Dan akhir kata, mari kita ikut dalam misi PEMBEBASAN PENGETAHUAN melalui Wikipedia. Wikipedia perlu Anda yang luar biasa menjadi pengguna baru yang luar biasa juga. Ada perlu bantuan untuk bergabung, bisa hubungi saya. Salam.


Berbagi pada :
Anda sedang membaca Artikel yang berjudul Wikipedia : Aku dan Wikipedia dan Anda bisa menemukan Artikel Wikipedia : Aku dan Wikipedia ini dengan URL http://riemogerz.blogspot.com/2012/05/aku-dan-wikipedia.html. Seluruh artikel di Riemogerz's Blog : Suka-suka saya...'s Blog memiliki Atribusi-Berbagi Serupa Creative Commons, karenanya Anda diizinkan untuk mengutip atau menyebarkan sebagian atau seluruh isi dari Artikel Wikipedia : Aku dan Wikipedia ini selama mencantumkan pranala Wikipedia : Aku dan Wikipedia sebagai Sumbernya serta menggunakan atribusi serupa.


2 respon untuk artikel Wikipedia : Aku dan Wikipedia pada Blog Riemogerz's Blog : Suka-suka saya....

  1. riemogerz (admin) jawab :

    Tengkyu mas didi, lanjut terus Insya Allah, amin.

Tinggalkan Pesan Anda untuk artikel Wikipedia : Aku dan Wikipedia pada Blog Riemogerz's Blog : Suka-suka saya... dibawah ini :

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini.